Hukum Merayakan Peringatan Isra’ Mi’raj

Mungkin Anda juga menyukai

8 Respon

  1. abu umar cls berkata:

    izin sharing, jazakumullah khairon

  2. TRIS SUTISNO berkata:

    masyaraka di daerah saya selalu Merayakan peringatan isro’ mi’roj karena ingin membuktikan kecintaan kepada rasullulloh saw dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
    Isi acara Isro’ mi’roj tidak bertentangan dengan syariat islam karena isinya membaca sholawat rasul, membaca al-qur’an, menceritakan tentang kehidupan rasulullah SAW, DAN SEBAGAINYA.

    • mahad berkata:

      Saudaraku, seluruh syariat ibadah telah disampaikan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana telah disebutkan dalam surah Al-Ma`idah: 3.
      Sisi ketidak sesuaian acara dan peringatan seperti ini adalah karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkannya, tidak pula para sahabat beliau radhiyallaahu ‘anhum..
      Sampai-sampai Imam Malik rahimahullaahu menyatakan, “Segala perkara yang bukan sebuah ibadah pada hari itu (yakni pada masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam hidup) maka pada hari ini juga bukan sebuah ibadah.”
      Semoga bermanfaat..

  3. reefanz berkata:

    Pak saya ikut comment, kalo isra mi’raj bid’ah, bagaimana kalo menyebarkan agama dgn dakwah lwt media wayang, gamelan, menabuh bedug utk mengajak shalat, apakah termasuk bid,ah juga?

    • mahad berkata:

      Saudara Reefanz, terima kasih atas kunjungan anda.. Di dalam syariat Islam ini, sarana dakwah telah diajarkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.. Media wayang, gamelan, dan menabuh bedug bukanlah ajaran Islam.. Karena seruan untuk shalat cukup dengan adzan, adapun memberi pengetahuan tentang Islam maka dilakukan dengan majelis taklim dan nasehat..
      Semoga Allah subhaanahu wa ta’aalaa menambah hidayah kepada kita dan menambahkan ilmu tentang agama-Nya untuk kita dan seluruh kaum muslimin…

  1. 18 Juni 2012

    […]   Posted on June 13, 2012 […]

  2. 18 Juni 2012

    […]   Posted on June 13, 2012 […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *