Menentukan Awal Ramadhan

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Ayana berkata:

    Kata rukyat tidak mesti diartikan dengan melihat mata saja. Melihat bisa dengan hati, pikiran, sejarah dan ilmu pengetahuan.
    Tidak semua negara-negara di belahan dunia ini dapat dijadikan tempat melihat bulan setiap saat. Seperti pada tanggal 8 Juli 2013 yang lalu, peredaran bulan hanya bisa dilihat dari kawasan Amerika, Samudra Atlantik, sebagian Eropa dan sebagian Afrika. Benua Asia dan Australia, sama sekali tidak dilalui peredaran bulan yang dapat dilihat, termasuk Arab Saudi dan Indonesia. Nah, dalam konteks ini, rukyat bisa digunakan dengan menggunakan melihat dengan ilmu pengetahuan atau hisab….dan tidak bertentang dengan Al-Qur’an.
    Wassalam.

    • mudir berkata:

      Kalau yang diajarkan oleh Rasulullah kepada umatnya sekalius praktek beliau adalah melihat hilal dengan mata kepala. Wallahu a’lam “Kata rukyat tidak mesti diartikan dengan melihat mata saja. Melihat bisa dengan hati, pikiran, sejarah dan ilmu pengetahuan.” Hal seperti ini siapa yang mengajarkan dan mempraktekkan dari kalangan shahabat atau generasi salaf.

    • fulanah berkata:

      @ayana dari mana landasan ant dalam berpaham demikian? jikalau rukyat bisa dengan selain mata maka bagaimana mungkin rosulullah shallalllahu’alayhi wa sallam menuntunkan untuk melihat (tentu dengan mata) hilal? janganlah kita jadikan akal kita sebagai sandaran.. tapi mesti ada hujjah(dalil) karena agama ini tegak dengan hujjah bukan kata si fulan, menurut si fulan dll . silahkan ant meresapi dan memahami tulisan al ust alfian di http://mahad-assalafy.com/wp-content/uploads/2013/07/Risalah-Ramadhan-Ust-Alfian.pdf
      semoga kita lebih berhati2 lagi berkata tanpa dilandasi ‘ilmu syar’I bukan ‘ilmu dunia. Karena bedakan antara ‘ilmu syar’i dengan “ilmu” yg itu adalah tsaqofah(pengetahuan saja).baarokallaahu fiyk.wallahua’alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.