Mengenal Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember (Bag. 1)

LATAR BELAKANG

Melakukan sebab-sebab pencegahan dan penanganan cepat terhadap wabah penyakit merupakan tuntutan syariat, baik sebab-sebab syar’i maupun kauni (kesehatan dan medis). Termasuk dalam menghadapi wabah Covid-19. Sebuah wabah yang bagi dunia, termasuk Indonesia dan kami–komunitas pondok salafy–adalah wabah yang baru dan bersifat dinamis. Sehingga, diperlukan langkah terbimbing, cepat, tepat dan terukur dalam menghadapi wabah ini. Laa haula walaa quwwata illa billah.

Alhamdulillah, Pemerintah RI telah banyak memberikan regulasi, imbauan, bimbingan dan arahan serta program-program dalam menghadapinya. Sebagai masyarakat kita wajib mendukung dan melaksanakannya. Sebab, penanganan Pandemi Covid-19 ini merupakan tanggung jawab bersama. Wabah yang harus dihadapi dengan satu perasaan, semangat gotong-royong dan saling mengingatkan di antara sesama.

Kemudian dalam rangka mengamalkan firman Allah ‘azza wa jalla,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ (2)

“Saling tolong-menolonglah kalian di atas kebaikan dan takwa. Jangan tolong menolong di atas kejahatan dan dosa.” (QS. Al-Maidah: 2)

Dalam ayat lain, Allah ‘azza wa jalla berfirman,

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ (71)

“Kaum mukminin laki-laki maupun perempuan adalah pembela dan penolong sesama mereka. Yaitu, mereka saling memerintahkan kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar.” (QS. at-Taubah: 71)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

“Allah akan selalu menolong seorang hamba, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Dan dalil-dalil lainnya. Maka, dengan meminta tolong kepada Allah ‘azza wa jalla, Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember dibentuk.

Juga dalam rangka melaksanakan kebijakan maupun imbauan pemerintah terkait wabah Covid-19 dengan sungguh-sungguh dan optimal, serta sistem pendampingan dalam pelaksanaannya di lapangan, terkhusus untuk Komunitas Salafy yang berada di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar Jember.

Di bawah arahan asatidzah dan Tim Medis Ma’had Minhajul Atsar serta berkoordinasi dengan Pemerintah, Satgas Tanggap Covid-19 menyusun program nyata dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pondok Pesantren.

Sebagai manusia biasa, Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember menyadari banyak kekurangan. Arahan yang disampaikan satgas pun terus berkembang seiring dengan perkembangan situasi, dan bisa jadi berbeda dengan daerah lain atau pondok pesantren lain.

DASAR PEMBENTUKAN

Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember dibentuk berdasarkan pertimbangan berikut ini,

  1. Bimbingan syariat Islam dalam menghadapi kondisi darurat, termasuk dalam menghadapi wabah penyakit, yaitu diberlakukannya hukum-hukum khusus. Sehingga dibutuhkan tim untuk membahas dan membantu pelaksanaannya.
  2. Siaran Pers Presiden RI, tanggal 15 Maret 2020 dan Instruksi Presiden, tanggal 19 Maret 2020, yang berisi arahan pemerintah dalam menghadapi Pandemi Covid-19.
  3. Pedoman Umum Menghadapi Covid-19 dari Kemendagri Bab 8 Kesiapsiagaan Desa Menghadapi Pandemi Covid-19, hal. 88. Yaitu, dengan membentuk satgas penanganan Covid-19 di tingkat RW/Kampung.
  4. SK Gubernur Jawa Timur no. 188/108/KPTS/013/2020 tentang Status Keadaan Darurat Bencana Penyakit akibat Covid-19 di Jawa Timur.
  5. Imbauan Kemenag untuk membentuk Gugus Tugas Covid-19 di lingkungan pesantren.
  6. Instruksi Bupati Jember agar membentuk Satgas Darurat Covid-19 tanggal 26 Maret 2020.
  7. SE Mendagri No. 440/5184/SJ tanggal 17 September 2020 tentang pembentukan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah.

TUJUAN

Di antara tujuan pembentukan Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember adalah sebagai berikut,

  1. Membantu pemerintah dalam menyosialisasikan kebijakan, protokol kesehatan, imbauan dan instruksi pemerintah, terkhusus yang berkaitan dengan Covid-19, di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar Jember sesuai kemampuan, insyaallah.
  2. Membantu pemerintah dalam mendampingi dan mengarahkan komunitas salafy di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar dalam melaksanakan kebijakan sebagaimana yang disebutkan pada poin 1 (pertama).
  3. Melakukan sinergi dengan pemerintah terkhusus di masa pandemi Covid-19 dalam beberapa bidang, seperti pendidikan, ibadah, sosial dan kesehatan, semisal desinfeksi lingkungan, edukasi protokol kesehatan, bakti sosial ke masyarakat, dll.
  4. Membantu komunitas salafy di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar Jember dalam menghadapi pandemi Covid-19, baik dalam bidang kesehatan, ibadah, pendidikan, ekonomi dan pekerjaan, sesuai kemampuan.
  5. Membantu meringankan beban dan kesulitan komunitas salafy di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar Jember, sesuai kemampuan.
  6. Menjaga amanah santri yang berada di lingkungan Ma’had Minhajul Atsar Jember pada urusan pendidikan, ibadah, akhlak, ibadah, kesehatan, dll.
  7. Dan tujuan-tujuan mulia lainnya, insyaallah.

VISI DAN MISI

Satgas Tanggap Covid-19 Ma’had Minhajul Atsar Jember di atas visi dan misi berikut ini:

  1. Menghadapi wabah pandemi Covid-19 sesuai bimbingan syariat dan pemerintah, yaitu semangat gotong royong, kerja sama dan satu hati maupun satu perasaan.
  2. Mewujudkan konsekuensi keimanan dan ukhuwah Islamiyah, yaitu saling membantu dan saling mengingatkan di antara sesama.
  3. Merealisasikan prinsip “taat kepada pemerintah” dalam keadaan susah dan senang, mudah maupun sulit (ath-tha’ah li waliyyil amr fil-makrah wal mansyath wal-yusri wal-‘usri).
  4. Mewujudkan koordinasi dan sinergi antara pondok dengan pemerintah dalam upaya melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.