Muhasabah Santri

Pembaca yang budiman rahimakumullah…

Hingga hari ini, dunia masih dilanda wabah Covid-19. Atas izin Allah wabah ini telah memakan banyak korban dan mengancam orang-orang yang masih hidup. Maka wajib atas kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum untuk berlindung kepada Allah Ta’ala akan tersebarnya wabah ini. Sebab, Allah Jalla wa ‘Ala lah yang telah menurunkan bencana ini, sehingga hanya Dialah yang mampu mengangkat dan membentengi kaum muslimin darinya.

Allah ‘Azza wa Jalla berkata,

وَإِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَنْ تَدْعُونَ إِلَّا إِيَّاهُ

“Dan apabila kalian ditimpa bencana di lautan, maka menjadi lupalah (dalam ingatan kalian)  sesembahan-sesembahan yang kalian seru, kecuali Dia (Allah).” (QS. Al-Isra’: 67)

قُلْ مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً لَئِنْ أَنْجَانَا مِنْ هَذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ كَرْبٍ ثُمَّ أَنْتُمْ تُشْرِكُونَ

“Katakanlah (Rasul), siapakah yang menyelamatkan kalian dari berbagai kegelapan di daratan dan lautan, yang kalian berdoa kepadanya dengan penuh rasa tunduk dan takut? (sampai kalian mengatakan) Jikalau Dia  menyelamatkan kami, tentu kami akan menjadi orang-orang yang bersyukur. Katakanlah, itu Allah yang menyelamatkan kalian darinya dan dari segala bentuk kesusahan, kemudian kalian justru menyekutukan-Nya?” (QS. Al-An’am: 63-64)

Pembaca rahimakumullah…

Termasuk jalan keluar terbesar agar terhindar dari wabah ini  adalah memohon perlindungan kepada Allah Jalla wa ‘Ala  dan banyak berdoa kepada-Nya. Karena Allah Ta’ala semata yang telah menurunkannya sehingga hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala pula yang mampu mengangkatnya. Sungguh hal itu sangat mudah bagi-Nya.

قُلْ مَنْ يُنَجِّيكُمْ مِنْ ظُلُمَاتِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ تَدْعُونَهُ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً لَئِنْ أَنْجَانَا مِنْ هَذِهِ لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ (63) قُلِ اللَّهُ يُنَجِّيكُمْ مِنْهَا وَمِنْ كُلِّ

“Katakanlah (Rasul), siapakah yang menyelamatkan kalian dari berbagai kegelapan di daratan dan lautan, yang kalian berdoa kepadanya dengan penuh rasa tunduk dan takut? (sampai kalian mengatakan) Jikalau Dia  menyelamatkan kami, tentu kami akan menjadi orang-orang yang bersyukur. Katakanlah, itu Allah yang menyelamatkan kalian darinya dan dari segala bentuk kesusahan.” (QS. Al-An’am: 63-64)

Bersama dengan itu pula, wajib atas kita untuk menyadari kelemahan kita dan menyadari pula betapa besar butuhnya kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Mari kita perbanyak doa, sedekah dan perbuatan baik! semoga Allah Jalla wa ‘ala cepat mengangkat musibah yang telah Dia turunkan, dan Allah Maha Mampu Atas Segala Sesuatu.

Allah Ta’ala berkata,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Jikalau hamba-hamba-Ku bertanya tentang-Ku maka (jawablah) bahwa Aku Maha Dekat; Aku mengabulkan doa orang yang berdoa jika ia mau berdoa kepada-Ku. Maka jawablah panggilan-Ku dan berimanlah kepada-Ku, niscaya kalian akan mendapat petunjuk.” (QS. al-Baqarah: 186)

Ya Allah, Rabb kami, Maula kami, kami adalah hamba-hamba-Mu yang sangat butuh kepada-Mu, yang tak punya apa-apa di hadapan-Mu, kami memohon kepada-Mu, angkatlah wabah (pandemi) ini, angkatlah bencana ini dari kaum muslimin secara khusus dan dunia secara umum, gantilah dengan kemudahan dan kebajikan yang bersifat umum dan khusus, karenanya tiada ada yang mampu mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau ya Allah, dan tiada pula yang dapat mengangkat bencana ini kecuali Engkau. Engkau lah Rabb kami, Engkau lah Maula kami, Engkau lah yang akan mencukupi kami dan Engkau lah sebaik-baik penolong!

Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana yang Engkau turunkan! Ya Allah angkatlah bencana wabah (pandemi) yang Engkau turunkan dan tempatkanlah jalan keluar dan kemudahan serta kebaikan dan kesehatan bagi kaum muslimin secara khusus dan bagi dunia secara umum. Hanya Engkau lah yang mampu mengerjakannya.

Pembaca  rahimakumullah..

Allah Jalla wa ‘Ala Maha Mampu atas segala sesuatu dan Dia-lah yang menguji para hamba- Nya. Kalaulah bukan karena rahmat dan ampunan serta ihsan-Nya, tentu tiada satu makhluk pun yang tersisa di muka bumi. Namun, Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dia-lah yang Maha Mampu atas segala sesuatu, yang Maha Dekat lagi Maha Pengabul Doa, yang Maha Melindungi lagi Maha Terpuji.

Ya Allah, bebaskanlah kami dari keburukan orang-orang yang suka berbuat jahat, tipu muslihat dan dari keburukan bencana yang datang di malam dan siang hari, karena hanya Engkau lah satu-satunya yang Maha Mampu atas segala sesuatu. Tidak ada keselamatan, tempat untuk selamat dan meminta keselamatan, kecuali hanya kepada-Mu. Maha suci Engkau ya Allah, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim! Maha suci Engkau, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim! Maha suci Engkau ya Allah, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zhalim!

Oleh karenanya, marilah kita memperbanyak doa dan terus berusaha, semoga jalan keluar akan segera turun. Amin ya rabbal ‘alamin.

Ditulis oleh Nauval Zuhdi Program Takhasus Kelas 4A.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.