Nasehat Untuk Serius Memperhatikan Akhlak dan Adab

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi Al-Madkhali hafizhahullah berkata,

وأوصيهم بالآداب والأخلاق الإسلامية، وأن يرحم الكبير الصغير وأن يوقر الصغير الكبير، نحيي ما جاء به محمد علما وعملا وأخلاقا وآدابا، فإن هذه الأمور قد ضعفت جدا وهانت عند بعض الطوائف تماما، فلا أخلاق ولا آداب ولا علم ولا صدق مع الأسف الشديد. ونسأل الله أن يطهر الأرض من هذه الأصناف، وأن يخلف هذه الأصناف بخير منهم من حملة العلم والدين الصحيح والأعمال الصالحة والأخلاق الفاضلة.

Aku wasiatkan kepada mereka agar berhias dengan adab dan akhlak Islami, hendaklah yang tua mengasihi yang muda, yang muda menghormati yang tua.

Mari kita hidupkan syariat yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam baik dari sisi ilmu, amal, akhlak, maupun adab. Karena sungguh seluruh perkara tersebut sangat lemah dan dianggap sepele menurut sebagian golongan secara totalitas, sehingga tidak ada pada diri mereka akhlak yang baik, adab, ilmu, dan tidak ada pula kejujuran. Sangat disayangkan hal seperti ini bisa terjadi.

Kita memohon kepada Allah untuk menyucikan bumi ini dari golongan-golongan seperti itu, dan mengganti golongan tersebut dengan orang-orang yang lebih baik dari mereka, yaitu dari kalangan orang yang berilmu, beragama yang benar, beramal shalih, dan akhlak yang utama.”

Sumber: Al-Lubab, hlm. 519

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.