PERJALANAN PENUH MAKNA KE DESA UJUNG ALANG (bagian keempat) SELESAI

Setelah selesai melakukan home visite kami langsung balik ke posko baksos, mengemas barang-barang. Selanjutnya kami semua berkumpul di ruang kelas untuk mengevaluasi kegiatan sekaligus penutupan yang di pimpin oleh dr. Susilo. Pada saat evaluasi berlangsung datang bapak-bapak dengan anaknya yang ingin berobat. Akhirnya evaluasi di tunda sejenak untuk selanjutnya dr. Susilo melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baru setelah itu evaluasi kami lanjutkan. Dan dari kegiatan baksos di Desa Ujung Alang dapat kami simpulkan beberapa poin, yaitu:

1. Total pasien 160 orang dengan rincian :
a. Pasien daftar di ikhwan 113 orang
b. Pasien daftar di akhwat 40 orang
c. Home visite 7 orang.

2. Warga mengharapkan supaya kegiatan semacam ini di laksanakan minimal 1 tahun 2 kali & respon masyarakat positif.

3. Dari hasil pemeriksaan kami, terdiagnosa beberapa penyakit seperti gatal-gatal, hipertensi, katarak, diare, muntah-muntah, sebagian besar kasus nyeri umum, dan batuk pilek.

4. Terlihat beberapa pasien yang datang mengenakan peci, baju koko, gamis & celana yang tidak isbal padahal mereka masih awam, Walhamdulilah.

5. Prekonomian masyarakat ujung alang bisa di katakan sudah maju, salah satunya terlihat dari rumah warga yang bangunanya sudah permanen, banyaknya kendaran bermotor dan peralatan elektronik yang tidak kalah dengan di kota walapun masih minim.

6. Walhamdulilah mayoritas masyarakat Ujung Alang beragama Agama Islam.

7. Masih adanya peninggalan misionaris berupa 2 buah gereja dan masih adanya beberapa orang yang aktif sebagai pengikutnya.

8. Ustadz Abu Abdilah menyapaikan kepada kami bahwa di sekitar tempat baksos tepatnya sebelah Timur SD di sana biasanya :
a. Di adakan sabung ayam hampir setiap hari.
b. Kebiasaan warga yang mengkonsumsi miras, baik siang, sore maupun malam, tidak mengenal waktu. Ketika kami kemarin jaga sesekali aroma miras tercium.

Hal tersebut membuat kami merasa kasihan & miris mendengarnya, semoga kedepannya warga sekitar posko baksos sadar akan bahanya miras & Alloh memberikan Taufiq Hidahnya kepada masyarakat Ujung Alang pada Umunya, aamiin

9. Kegiatan baksos Walhamdulilah berjalan lancar sesuai dengan rencana.

Setelah evaluasi selesai sekitar jam 15.00 kami memutuskan untuk pulang, walaupun kondisi masih hujan. Dalam perjalan pulang kami menyapa setiap warga yang bertemu, Alhamdulilah responnya baik. Selanjutnya kami berhenti di posko utama Santri PKL MINHAJUL ATSAR untuk menunggu ikhwan yang belum datang.

Setelah kumpul semua barulah kami menaiki compreng. Ba’da sholat Ashar kami berangkat dari dermaga Ujung Alang menuju pelabuhan Sleko. Jam 17.10 Alhamdulilah kami sampai di Pelabuhan Sleko. Di pelabuhan sleko kami menunggu penjemputan.

Tidak berapa lama team penjemputan datang. Kami langsung naik kendaran untuk meluncur ke Mesjid Al Jihad. Dari Mesjid Al Jihad inilah kami berpisah & menuju kota masing-masing.

Alhamdulilah hasil reportasi team Ujung Alang telah selesai di buat. Walapun masih banyak kekurangan di dalamnya, akan tetapi tidak membuat kami berkecil hati. Semoga hasil reportasi yang lumayan panjang ini, bisa memberikan sedikit gambaran & informasi untuk kita semua tentang bagaiman kondisi di Desa Ujung Alang khusunya & Kampung Laut umunya. Apabila dalam reportasi ini ada kata-kata ataupun kalimat yang kurang berkenan mohon di sampikan & di tegur. Jazakumuaallohu khoiron kami sampaikan kepada:
1. TEAM KKM KISWAH
2. SANTRI PKL MINHAJUL ATSAR JEMBER
3. APARATUR PEMERINTAHAN KEC. KAMPUNG LAUT
4. PUSKESMAS KAMPUNG LAUT
5. SELURUH MASYARAKAT YANG telah membantu terlaksanaya kegiatan Baksos ini

Banyumas, 31 Januari 2017
ttd

Team reportasi Desa Ujung Alang

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *