Selembar Potret Masyarakat Nusantara Pedalaman Yang Kurang Terpedulikan -Sumbersari Yang Harus Dikunjungi-

Gambar. Mushalla an-Nur

Mushalla an-Nur terletak di dusun Sumbersari, Sukamade. Begitu selesai dari aktivitas kunjungan medis kami ingin shalat Zhuhur. Mushalla ini menjadi pilihan satu-satunya bagi kami.

Tim segera meluncur ke Mushalla yang berada di pinggir dusun. Dusun Sumbersari hanya terdiri dari 7 KK, dengan jumlah total penduduk tak lebih dari 20 orang.

Namun, begitu menginjakkan kaki di lantai mushalla, kami tersentak. Lantai dalam mushalla begitu kotor. Dinding pagar depan juga banyak yang lapuk.

Bisa kami tarik kesimpulan, setidaknya 2 tahun mushalla ini tidak pernah dipakai. Pertanyaannya, terus warga ke mana saat mau shalat atau Jumatan? Untuk ke Sukamade saja, mereka harus menempuh jalan yang tidak mudah.

Di samping jauh, jalan yang menghubungkan antara Sumbersari dengan Sukamade adalah jalan berat. Kalau hujan sebagai jalannya air. Dan memang, harus menyeberang sungai tanpa jembatan.

Semua warga Sumbersari muslim, kalau tidak mayoritasnya. Namun, kondisi mushalla betul-betul memprihatinkan, seperti tidak pernah dijamah oleh jamaah saja.

Maka, tim PKL pada hari-hari ini akan menyasar dusun Sukamade. Mereka berjalan kaki. Setidaknya, 1 sampai 2 jam perjalanan kaki dengan medan berat mereka lakukan. Paket sembako mereka bawa untuk hadiah kepada warga.

Rencana, 2 atau 3 hari tim tersebut akan menginap di mushalla an-Nur. Setelah sebelumnya, mereka membersihkannya. Syukur-syukur, warga mau menghidupkannya kembali.

Semoga warga dusun Sumbersari, dusun tempat tinggalnya pak Sidin, kembali menjadi dusun yang ramai dengan ibadah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.