Semangat Berbagi Ilmu di Masa Pandemi

Ahad, 11 Muharram 1442 H / 30-08-20 terlihat suasana hangatnya thalabul ‘ilmi di Ma’had Minhajul Atsar Jember. Alhamdulillah para santri semangat dalam mempelajari al-Qur’an, as-Sunnah, dan warisan ilmu para salaf.

Meski di masa pandemi covid-19, para santri tetap antusias mengikuti rangkaian kegiatan belajar di Ma’had. Misalnya, di sela-sela ujian al-Qur’an tahfidz, para santri tahfidz tidak mau ketinggalan untuk mendapatkan faedah harian yang ditulis oleh kakak kelas mereka dari takhasus.

Faedah harian ini tertempel di dinding kantor takhasus dan diperbarui setiap harinya. Meski ditulis dengan spidol di papan tulis, alhamdulillah menarik perhatian para santri untuk membacanya.

Adanya faedah harian ini, mengenalkan kepada para santri tentang nama-nama ulama sunnah, belajar menulis khat arab, dan menerjemahkannya ke bahasa Indonesia.

Sebut saja, salah satu santri tahfidz yang bernama Ihsan berumur 14 tahun asal Banyuwangi. Alhamdulillah dia termasuk santri yang rajin menyalin faedah harian di catatan pribadinya dan menghafalnya. Mudah-mudahan Allah Ta’ala menjaganya dan memperbanyak orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan-Nya.

Alhamdulillah, musibah pandemi ini tidak menyurutkan api semangat thalabul ilmi para santri. Mudah-mudahan dengan sebab ini, Allah Ta’ala mengangkat wabah ini. Menjadikan kami orang-orang yang sabar, istiqamah, dan terhindar dari berbagai macam fitnah. Amin

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.