Allah subhanahu wata’ala Tidak Serupa dengan Makhluk

“Tidak ada sesuatu yang semisal dengan Allah subhanahu wata’ala

Ini adalah pokok dari prinsip-prinsip tauhid, tidak ada yang serupa dengan Allah subhanahu wata’ala. Baik serupa pada dzat-Nya, sifat-Nya, juga tidak pada perbuatan-perbuatan-Nya.

Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya), “Tidak ada suatu apa pun yang menyerupai-Nya. Dan Dia (Allah) maha mendengar lagi maha melihat”.

Bukanlah yang dimaksud di sini penafian (penolakan) sifat-sifat Allah subhanahu wata’ala sebagaimana yang dikatakan ahlu bid’ah.

al-Imam Abu Hanifah rahimahullah dalam kitabnya al-Fikh al-Akbar menyebutkan (artinya), “Allah subhanahu wata’ala tidak menyerupai makhluk-Nya, dan tidak ada satu pun dari makhluk-Nya yang serupa dengan-Nya. Seluruh sifat-sifat Allah subhanahu wata’ala berbeda dengan sifat-sifat makhluk. Allah subhanahu wata’ala memiliki sifat tahu (berilmu), sifat tahu (berilmu) Allah subhanahu wata’ala berbeda dengan sifat tahu kita (makhluk), Allah subhanahu wata’ala kuasa atas sesuatu, kuasa Allah subhanahu wata’ala berbeda dengan kuasa kita. Allah subhanahu wata’ala melihat, berbeda dengan penglihatan kita.”

Ringkasan dari catatan kaki asy-Syaikh al-Albani rahimahullah. Lihat, at-Ta’liqat al-Atsariyah Ala al-Aqidah at-Thahawiyah hal: 8-10.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.