Banyak Anak Banyak Rezeki. Benarkah?

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan,

Seluruh hewan melata di muka bumi ini, mulai dari yang kecil seperti semut, hingga yang besar seperti gajah dan yang semisalnya, maka sesungguhnya Allah-lah yang memberikan rezeki kepada mereka, sebagaimana Firman Allah ta’ala,

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya.” (Hud: 6)

Sungguh tersesat dengan kesesatan yang nyata, orang yang berburuk sangka kepada Rabbnya, dengan mengatakan: “Janganlah kalian memperbanyak anak, karena itu akan menyempitkan rezeki kalian.”

Sungguh dusta mereka, demi Rabb al-Arsy. Karena apabila mereka memperbanyak anak, pasti Allah akan memperbanyak rezeki mereka, karena tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.

Rezeki untuk anak-anakmu akan diberikan oleh Allah azza wajalla. Dialah yang membukakan untukmu pintu-pintu rezeki agar engkau bisa menafkahi mereka.

Namun kebanyakan manusia berburuk sangka kepada Allah, dan bersandar kepada perkara-perkara yang sifatnya materi, lahiriah, dan bisa dilihat oleh mata ini. Mereka tidak memandang sesuatu yang lebih jauh dan tidak melihat kekuasaan Allah bahwa Dialah yang memberikan rezeki, walaupun banyak anak.

Perbanyaklah anak, niscaya rezeki untukmu akan diperbanyak. Inilah yang benar.

(Syarh Riyadhush Shalihin, asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah. Penjelasan Bab Fil Yaqin wat Tawakkul)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.