Inilah Perbedaan Antara Seorang Dermawan Dengan Seorang Bakhil di Pagi Hari

Sangat beda antara seorang dermawan dan seorang bakhil. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah menggambarkan perbedaan itu dalam sabdanya,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Pada setiap hari, tidaklah ada hamba yang berada di pagi harinya melainkan ada dua malaikat yang turun. Salah satu malaikat mengatakan: Ya Allah, berikanlah ganti untuk orang yang meninfakkan (hartanya). Malaikat yang satunya mengatakan: Ya Allah, timpakan kehilangan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. al-Bukhari no. 1351, dan Muslim no. 1678)

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan,

Yang dimaksud dengan orang yang menahan hartanya dalam hadits tersebut adalah orang yang menahan dan tidak mau mengeluarkan hartanya untuk sesuatu yang Allah wajibkan kepadanya.

Tidak setiap orang yang menahan hartanya akan didoakan kejelekan. Namun yang didoakan kejelekan adalah orang yang menahan hartanya dan tidak mau memberikan infak atau nafkah yang Allah wajibkan atasnya. Inilah yang didoakan kejelakan oleh malaikat, bahwa Allah akan membinasakan dia dan melenyapkan hartanya.

Lenyap di sini ada dua macam: lenyap hissi (yang nampak dan bisa dirasakan oleh indera ini) dan lenyap maknawi (tidak nampak oleh indera)

  • Lenyap hissi maksudnya adalah harta itu akan lenyap dan habis disebabakan karena musibah tertentu yang menimpa dirinya, seperti kebakaran, kecurian, atau yang semisalnya.
  • Lenyap maknawi, maksudnya barakah dari harta itu akan hilang, di mana seseorang tidak akan mampu mengambil manfaat dari harta tersebut selama hidupnya.

(Syarh Riyadhus Shalihin, Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.