Keindahan Islam

MUHADHARAH (MAGHRIB – ISYA’) USTADZ MUHAMMAD AS-SEWED HAFIZHAHULLAH DI MA’HAD AS SALAFY JEMBER 2 SHAFAR 1438/1 NOVEMBER 2016

Di antara keindahan dan keutamaan islam adalah ….

1. Islam dibangun di atas keimanan kepada Allah subhanahu wata’ala dengan penuh keyakinan.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala (artinya), “Katakanlah (hai orang-orang mu’min): “Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan ’Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Rabb mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. (al-Baqarah: 136).

Juga sebagaimana ucapan Nabi shallallahu alaihi wasallam (artinya), “Katakanlah, aku beriman kepada Allah kemudian istiqamahlah!”

Agama ini tidak dibangun di atas akal pikiran manusia yang penuh dengan keraguan.

2. Islam adalah agama yang penuh kasih sayang dan hikmah.

Islam begitu penuh dengan kasih sayang, karena itulah disyariatkan hibah agar terjalin kasih sayang antar manusia dengan saling memberi. Islam juga tidak menzhalimi siapapun, disyariatkan tijarah (jual-beli)  dengan syarat keridhaan dari kedua belah pihak yang dengannya seseorang tidak akan diambil hartanya secara zhalim. Dan hal lainnya.

Barang siapa mendalami hukum muamalah (hubungan antar manusia) dalam islam, niscaya akan bertambah keyakinannya bahwa islam adalah agama yang memperhatikan kebaikan perkara ukhrawi dan duniawi manusia, ia semakin yakin akan  luasnya rahmat Allah subhanahu wata’ala. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya), “Taa’ Haa. (2) Kami tidak menurunkan Al-Quran kepadamu (wahai Muhammad) supaya engkau menanggung kesusahan.” (Thaha: 1-2). Allah subhanahu wata’ala juga berfirman (artinya), “Allah menghendaki kamu beroleh kemudahan, dan Ia tidak menghendaki kamu menanggung kesukaran . (al-baqarah: 185)

Karena itulah dalam Islam, puasa disyariatkan mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari, tidak berat seperti puasa kaum Yahudi yang berakhir sampai malam hari (munculnya bintang-bintang).

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (artinya), “Mudahkanlah, jangan dipersulit! Berilah kabar gembira, jangan membuat umat lari” .

3. Agama adalah nasehat

Manusia merupakan tempatnya salah dan dosa, Islam menyadari hal itu sehingga disyariatkan nasehat untuk membenarkan kesalahan-kesalahan yang diperbuat juga untuk mengingatkan manusia untuk berbuat kebaikan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda (artinya), “Agama adalah nasehat. Para sahabat bertanya, untuk siapa ya Rasulullah? Beliau menjawab, untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, pemerintah kaum muslimin dan rakyatnya (kaum muslimin)”. (HR. Muslim)

Orang yang memberi nasehat tidak boleh memaksa seperti Khawarij dan yang semisal mereka, karena ini akan menimbulkan kekacauan. Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya), “Tidak ada paksaan dalam agama ini. Sungguh telah jelas antara kebenaran dan kesesatan” (al-Baqarah: 256). Maknanya, agama islam ini sudah sangat jelas, tidak perlu dipaksa untuk menerimanya, orang yang tidak mau menerima agama ini sejatinya telah jelas baginya kebenaran agama islam, hanya saja mereka mengikuti hawa nafsunya.

5. Agama menjaga 5 hal ini:

  • Agama itu sendiri

Yakni agama akan tetap terjaga kemurniannya.

  • Darah
  • Harta
  • Kehormatan

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda (artinya), “Sesungguhnya darah kalian, harta kalian dan kehormatan kalian haram atas sesama kalian, seperti sucinya hari kalian ini (Arafah), pada bulan kalian ini (Dzulhijjah), dan di negeri kalian ini (Makkah).

  • Akal

Agama ini memperhatikan dan menjaga akal, karena itulah tidak boleh bagi kita unuk membayangkan sifat-sifat Allah subhanahu wata’ala dengan akal kita, karena hal itu tidak mampu dilakukan oleh akal kita.

wallahu a’lam

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.