PERJALANAN PENUH MAKNA KE DESA UJUNG ALANG (bagian pertama)

Di Mesjid AL JIHAD inilah perjuangan team KKM KISWAH di mulai.

Pagi itu team berkumpul menjadi satu di salah satu ruangan mesjid. Team berkumpul jam 05.00 pagi (Ba’da Sholat Shubuh). Semua team sudah siap siaga bagai pasukan yang siap bertempur mengahdapi musuh. Tekad seluruh team sudah bulat hanya satu tujuan mereka, yaitu membantu masyarakat yang membutuhkan dan mendukung gerakan Indonesia sehat suatu tujuan yang mulia. Semoga menjadi amal ibadah & tabungan Akhirat, aamiin.

Mereka semua di satukan oleh Manhaj & Aqidah yang sama Ahlushunah Waljamaah (Salafiyin). Banyak dari mereka yang baru pertama kali bertemu. Mungkin ada yang sudah pernah bertemu.

Mereka bisa bercerita & bisa berkenalan satu sama lain dari berbagai daerah yang berbeda, seperti: jogja ,Purworejo ,Purbalingga ,Purwokerto ,Banyumas ,Cilacap dan Cirebon. Di sana mereka berbaur menjadi satu untuk kemaslahatan umat.

Seluruh tim di beri pengarahan oleh Ketua KKM KISWAH pusat:
Pengarahan tersebut sbb :
1. Alur pemberangkatan titik yang menjadi tujuan baksos.
2. Penjelasan singkat mengenai titik tujuan baksos, yaitu :
a. Ujung Alang
b. Muara Dua
c. Selok Jero
d. Majingklak & Cikadim.
3. Pembagian Team Medis ke titik masing-masing.
4. Pembagian nasi kotak untuk sarapan pagi yang akan di santap dalam perjalanan

Setelah selesai pengarahan, seluruh team mendapatkan siraman rohani dari Ustadz Iqbal (Pengurus Mahad Al-Mansuroh Cilacap) sekaligus penutupan. Baksos ini merupakan salah satu agenda SANTRI PKL PONPES MINHAJUL ATSAR Jember yang bekerja sama dengan :
1. Kec. Kampung Laut
2. TEAM KKM KISWAH
3. Puskesmas Kampung Laut

Tema yang di pilih adalah MENDUKUNG MASYARAKAT GERAKAN INDONESIA SEHAT. Bertempat di kec. KAMPUNG LAUT Di laksanakan pada hari Ahad 29 Januari 2017.

Setelah itu seluruh team berangkat ke pos masing-masing yang di lepas oleh ketua KKM KISWAH Pusat.
Team yang berangkat pertama, ialah :
1. Tim Cikadim dan Majingklak di sana nanti akan bertemu dengan Team Banjar.
2. Team Selok Jero.
3. Team Ujung Alang dan,
4. Team Muara Dua.

Sekian pemaparan singkat dari di pos utama Mesjid Al Jihad.

Selanjutnya kami akan memberikan REPORTASI Baksos yang di laksanakan di Desa Ujung Alang (Desa yang paling timur di kampung laut) & karena kami masuk di Team Ujung Alang. Mari kita simak Kisah singkatnya :

Team kami berangkat dari Mesjid Al Jihad ke Desa Ujung Alang dengan personil 29 orang terdiri dari :
a. 1 Ustadz (Ustadz Iqbal)
b. 10 Team Medis
c. 9 Ikhwan bersama jauzahnya ( Team Ummahat 9 orang).

Jam 06.00 kami berangkat dari Mesjid Al Jihad menuju pelabuhan Sleko (Pelabuhan penghubung Cilacap ke Kampung Laut) dengan diantar tiga mobil.

Jam 06.20 akhirnya kami sampai di pelabuhan. Di sana kami bertemu ikhwan yang sudah menunggu dengan jauzahnya.

Semua team sudah kumpul tidak menunggu lama kami langsung naik ke Compreng yang sudah di siapkan oleh panitia. Compreng berjumah 2 buah, yang di gunakan untuk :
a. 1 Compreng untuk team medis
b. 1 Compreng untuk ikhwan bersama jauzahnya (Team Ummahat).


Setelah kami semua naik ke Compreng tidak berapa lama nahkoda menghidupkan mesin (yang suaranya lumayan bersik di telinga).

Jam 06.30 compreng mulai bergerak perlahan meninggalkan pelabuhan Sleko menuju Ujung Alang.

Di awal perjalanan terlihat beberapa kapal besar yang sedang bongkar muat dan ada juga nelayan yang sedang mencari ikan dengan perahu kecil. Dari kejauhan terlihat api yang menyala-nyala seperti obor besar yang terletak sebelah utara pelabuhan (api yang keluar dari cerobong milik pertamina).

Tidak jauh dari pelabuhan terlihat sebuah pulau besar yang rindang oleh pepohonan & berbukit-bukit, Selatan Pelabuhan. Pulau tersebut di beri nama pulau NUSAKAMBANGAN. Nusakambangan memang pulau yang cukup panjang nan luas. Bagimana tidak ujung Timurnya di Cilacap dan ujung baratnya di Jawa Barat (berdampingan dengan Kec. Kampung Laut). Di dalamnya masih terdapat satwa liar ,tambang kapur dan Lapas Narapidana kelas kakap.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.