Wanita Haid Saat Hari Asyura’

Haid Saat Hari Asyura’….
Apa yang Harus Dilakukan?

Syaikh Utsaimin rahimahullah ditanya (artinya), “Apakah orang yang memasuki hari Asyura’ dalam keadaan haid (sehingga tidak puasa) boleh mengqadha’nya? Kemudian adakah kaedah tentang amalan-amalan sunnah yang bisa diqadha’ dan yang tidak bisa di qadha’? Jazakallahu khairan.

Beliau rahimahullah menjawab (artinya), “Hal-hal yang sunnah (nawafil) itu ada dua macam :
1. Amalan sunnah yang memiliki sebab dilakukannya amalan tersebut.
2. Amalan sunnah yang tidak memiliki sebab dilakukannya amalan tersebut.

Amalan sunnah (yang memiliki sebab) yang terluput dengan luputnya sebab dan tidak bisa di qadha’. Misalnya: Shalat tahiyyatul masjid, Seseorang datang ke masjid lalu langsung duduk dalam waktu yang lama, lalu ia ingin menunaikan shalat tahiyyatul masjid maka shalatnya itu tidak dianggap sebagai shalat tahiyyatul masjid. Karena shalat tahiyyatul masjid adalah jenis shalat yang memiliki sebab, yaitu pelaksanaannya terikat dengan sebab. Apabila telah terluput sebabnya, maka luput pula pensyariatannya.

Dan yang semisal dengan ini adalah puasa Arafah dan puasa Asyura’. Apabila seseorang mengakhirkan puasa Arafah dan Asyura’ tanpa adanya uzur syar’i maka tidak diragukan lagi bahwa puasa tersebut tidak bisa diqadha’, ia pun tidak bisa mengambil manfaat dengannya sekalipun ia mengqadha’nya, yakni puasa yang ia lakukan tidak teranggap sebagai puasa ‘Arafah dan puasa ‘Asyura’.

Adapun jika hari tersebut berlalu dari seseorang, sedangkan ia memiliki uzur syar’i, seperti wanita yang sedang haid, nifas atau orang yang sedang sakit. Maka yang nampak hukumnya juga sama, tidak bisa diqadha’. Karena puasa ini adalah puasa yang khusus pada hari tertentu, hukum pensyariatannya terluput dengan luputnya sebab (berlalunya hari disyariatkannya puasa).

Dikutip dari Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Syaikh Utsaimin dalam Kitab Shiyam no. 399

Wallhu a’lam

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.